free stats

Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso Raih Juara 1 Inovasi Daerah

Pj Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso, Anisatul Hamidah, usai menerima penganugerahan juara 1 lomba inovasi daerah Kabupaten Bondowoso. Senin, 13/12/2021. (foto: ubay/lensa nusantara)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dinas sosial Kabupaten Bondowoso meraih juara 1 lomba inovasi daerah di lingkup pemerintah kabupaten Bondowoso, penganugerahan juara tersebut diserahkan langsung Wabup Irwan Bachtiar, bertempat di ruang Sabha Bina Praja 2, Pemkab Bondowoso, Senin (13/12/2021).

Pj kepala Dinas sosial Kabupaten Bondowoso Anisatul Hamidah mengatakan, pihaknya tidak menyangka akan meraih juara 1 inovasi daerah, yang diselenggarakan Pemkab Bondowoso.

“Diawal saya sampaikan ke teman-teman Dinsos, kita berinovasi saja, soal juara itu bonus, dan Alhamdulillah dapat” ujar Anis sapaannya, usai acara.

Dibalik kemenangan lomba inovasi daerah tersebut, Anis mengungkapkan, pihaknya mempunyai program ‘SEKOPER’ (sekolah perempuan PKH) untuk peningkatan kualitas hidup kelompok penerima manfaat (KPM PKH), dalam program Sekoper itu, banyak materi yang disajikan, seperti materi tentang penurunan stunting, pendewasaan usia perkawinan serta materi lainnya terkait kesehatan.

“Para pendamping juga harus bertemu dengan KPM. Hal itu merupakan program dari Kemensos pusat, dimana satu kelompok KPM harus ada satu produk untuk dapat menambah ekonomi para KPM” kata aktivis Fatayat NU itu.

Anis menambahkan, program Sekoper tersebut dilakukan oleh masing-masing kelompok KPM, dimana penerima PKH mempunyai ketua kelompok disetiap Desa.

“Ketua kelompok inilah yang mengkoordinir KPM untuk melakukan giat Sekoper dengan didampingi para pendamping PKH, intinya program itu untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi KPM” ucap Anis.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar mengapresiasi Dinsos Bondowoso yang telah meraih juara 1 lomba inovasi daerah.

Wabup meminta, prestasi yang telah diraih oleh para inovator bisa direplikasikan dan ditularkan untuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang lain.

Wabup Irwan menyebut, inovasi itu tdak harus mahal dan harus sederhana. Wabup juga meminta, dalam berinovasi, para OPD jangan mempersulit masyarakat.

“Saya berharap, inovasi yang dibangun oleh para OPD, semua ditujukan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat” ujar Wabup Irwan.

Wabup menjelaskan, Tahun berikutnya akan ada penganugerahan inovasi bagi para OPD, hal itu dilakukan sebagai upaya motivasi agar OPD terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh semua OPD serta Kecamatan se Kabupaten Bondowoso. (*/ubay).

Tinggalkan Balasan