free stats

Dandim 0822 dan Forkopimda Bondowoso Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Bondowoso, Dandim 0822 dan Kapolres Bondowoso melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan lintas sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 melalui sarana Video Conference (Vidcon) dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si bertempat di Ruang Sarja Arya Wacana Mapolres Bondowoso, Jl. Veteran no.01 Kel Dabasah, Kec. Bondowoso Kab.Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.(Hanla) dan Kapolres Bondowoso, AKBP Wimboko, SIK serta Kepala OPD jajaran Pemkab. Bondowoso.

Dalam rapat koordinasi Video ConferencebKepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si menyampaikan antara lain:

a. Untuk adanya pelaksanaan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H TA. 2022 akan dilkasanakan secara normal dengan demikian diprediksi penggunaan kendaraan pribadi mencapai 47% dan sisanya dimungkinkan menggunakan transportasi secara masal seperti kereta api, bus, kapal laut dan pesawat.

b. Dengan demikian kita harus tetap waspada akan terjadinya laju penyebaran Covid-19 seperti tahun-tahun yang lalu untuk itu kita harus terus meningkatkan pencapaian vaksinasi dan pelaksanaan protkes secara benar.

c. Upaya-upaya yang telah dilakukan dalam mencegah penyebaran laju Covid-19 :

  • Pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan selama puasa Ramadhan dengan pelaksanaan vaksin setelah sholat tarawih dan kita akan tetap membuka tempat-tempat vaksinasi pada siang hari
  • Pencapaian vaksinasi Booster diharapkan mencapai 57% di tiap-tiap daerah.
  • Kegiatan masyarakat dihimbau agar tetap melaksanakan protkes secara benar
  • Aplikasi Peduli Lindungi agar tetap diterapkan di tempat-tempat keramaian.

d. Penyediaan sembako terutama pemenuan kebutuhan minyak goreng di dalam menyambut lebaran diharapkan terget produksi bisa memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan menyambut hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan dengan kita mengandeng beberapa produsen pengelola minyak goreng serta kita terus memberdayakan satgas di daerah-daerah dalam memantau pendistribusian di tingkat pasar-pasar.

e. Dalam pengadaan BBM kita sudah berkoordinasi dengan BUMN dalam pemenuhan kedepannya dan kita akan melakukan penindakan hukum bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran dalam penimbunan BBM bersubsidi dengan demikian akan bisa mencukupi pemenuhan BBM dan akan mengurangi antrian pembelian BBM di pom-pom bensin.

f. Selanjutnya pada Operasi Ketupat yang akan dilaksanakan melibatkan sebanyak 171.457 personil, dengan rincian 2.590 personil Mabes Polri, 9.999 personil Polres jajaran 77.868 dari instansi terkait. Dengan penyiapan pos-pos seperti : Pos pengamanan, Pos pelayanan dan Pos terpadu sehingga akan mensukseskan Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

g. Untuk bencana alam yang harus diwaspadai adalah longsor dan banjir dimana saat ini sedang berlangsung perubahan musim yang akan berdampak pada kemacetan sehingga kita harus memiliki rencana penguraian arus serta kita harus mewaspadai kenaikan tingkat arus mudik diprediksi mulai H-3 dan arus balik H+3. (Suhartono).