Berita

Bondowoso Masuk Daftar 18 Kabupaten/Kota yang Akan Diisi PJ Bupati Tahun 2023

×

Bondowoso Masuk Daftar 18 Kabupaten/Kota yang Akan Diisi PJ Bupati Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Bondowoso
Foto Kantor Bupati Bondowoso

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sebanyak 18 jabatan Bupati/Wali Kota di Jawa Timur pada tahun 2023 ini akan segera diisi Penjabat (Pj), termasuk jabatan Bupati  Bondowoso yang akan diganti oleh (Pj).

Example 300x600

Informasi dihimpun lensanunsatara.co.id dari berbagai sumber pemerintahan menyebut, berdasarkan peraturan menteri dalam negeri Nomor 132.35-5846 tahun 2018 Tanggal 5 September 2018, tentang pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, Provinsi Jawa Timur dan naskah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso tanggal 24 September 2018, maka jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso berakhir pada tanggal 24 September 2023.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jawa Timur,  Didik Chusnul Yakin, menyebut saat ini sudah keluar Permendagri baru yakni Permendagri 4 Tahun 2023. Khusus Permendagri ini berbicara soal Pj bupati, wali kota, termasuk Pj Gubernur.

BACA JUGA :  Kapolda Bali Terjun Langsung Kawal Pengamanan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Menurutnya, di Jatim tahun 2023 ini ada 18 Pj.  Sedangkan yang akan dilantik  pada 24 September 2023 sekitar 11 Pj. Namun sejauh ini pihaknya belum membeberkan 11 Pj yang akan dilantik 24 September mendatang untuk kabupaten/kota mana saja.

LALU SIAPA YANG BAKAL JADI Pj BUPATI BONDOWOSO?

Tim lensanusantara.co.id melakukan penelusuran informasi sosok yang bakal menggantikan KH Salwa Arifin dalam waktu dekat ini. Namun informasi siapa yang akan menjadi Pj Bupati Bondowoso sangat nihil. Pihak Eksekutif dan Legislatif kompak tidak memberikan bocoran siapa yang bakal direkomendasikan menjadi Pj Bupati Bondowoso.

Di sisi lain, pengamat kebijakan publik Kabupaten Bondowoso, Rudy Imam, mengatakan siapapun yang menjadi  Pj Bupati nantinya harus netral dalam sikap politiknya. Mengingat pergantian KH Salwa Arifin ke Pj Bupati bertepatan dengan tahun politik yakni tahapan Pileg-Pilpres dan Pilkada pemilihan calon Bupati-Wakil Bupati Bondowoso 2024 mendatang.

BACA JUGA :  Diduga Ada Unsur Kesengajaan, Terjadi Penumpukan Sampah di Samping Mushola Kampung Suka Bumi

“Pj Bupati harus netral, untuk menjaga kondusifitas Bondowoso di tahun politik” kata Rudy Imam.

Rudy mengungkapkan, sosok yang bakal menjadi Pj Bupati kemungkinan tidak akan lepas dari campur tangan pihak Eksekutif dan Legislatif. Karena Eksekutif dan Legislatif bisa saja memiliki orang-orangnya untuk diajukan menjadi Pj Bupati. Meski pemerintah pusat yang akan mengeksekusinya.

Kendati begitu, Rudy sebagai masyarakat Bondowoso berharap nantinya yang menjadi Pj Bupati adalah putra daerah asli Bondowoso.

“Jika putra daerah menjadi Pj Bupati, dia pasti lebih paham dengan kondisi Bondowoso saat ini,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Yayasan Keluarga Besar Ki Ronggo ini berharap, Pj Bupati nantinya tidak di tarik-tarik oleh kepentingan politik pihak manapun.

BACA JUGA :  Viral..!! Beredar Video Perampasan Jenazah Covid-19 di Puskesmas Pujer

“Setidaknya membiarkan Pj Bupati bekerja maksimal membenahi Bondowoso di masa jabatannya yang pendek, jangan di tarik-tarik untuk kepenting politik, biar fokus bekerja saja” pungkasnya.

Berikut 18 kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan diisi Pj bupati/wali kota pada tahun 2023:

  1. Kab Probolinggo
  2. Kab Sampang
  3. Kab Bangkalan
  4. Kab Bojonegoro
  5. Kab Nganjuk
  6. Kab Pamekasan
  7. Kab Tulungagung
  8. Kab Pasuruan
  9. Kab Magetan
    10.Kab Madiun
  10. Kab Lumajang
  11. Kab Bondowoso
  12. Kab Jombang
    14.Kota Malang
  13. Kota Mojokerto
  14. Kota Probolinggo
  15. Kota Kediri
  16. Kota Madiun.

Penulis: Ubay

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.