Pemerintahan

Singkirkan 765 Peserta dalam Event Paralegal Justice Award 2023, Kades Bawang Banjarnegara Borong Tiga Piala Sekaligus

×

Singkirkan 765 Peserta dalam Event Paralegal Justice Award 2023, Kades Bawang Banjarnegara Borong Tiga Piala Sekaligus

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Bawang
Kades Bawang, Galih Purwandaru, saat berada di ajang Paralegal Justice Award 2023 di Jakarta, Jumat (2/6/2023). (Foto : kominfo_mujiprast/Gunawan/LensaNusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Galih Purwandaru, Kepala Desa (Kades) Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Paralegal Justice Award (PJA) yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Penghargaan itu adalah merupakan bentuk apresiasi Kemenkumham RI bagi para kepala desa/lurah se-Indonesia yang berprestasi dan memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa, dan negara selama menjabat.

Example 300x600

Tiga penghargaan berhasil dibawa pulang oleh Kades Bawang, Galih Purwandaru yaitu kategori Non Litigation Peace Maker, Anubhawa sasana Desa Jagadhita, dan Paralegal Justice Award.

Kategori Non Litigation Peacemaker sendiri diberikan kepada kades yang berperan sebagai hakim perdamaian desa atau juru damai yang bisa menyelesaikan masalah-masalah hukum yang timbul di desa (juru damai), sedangkan Anubhawa sasana Desa Jagadhita menilai kiprah kades dalam inovasi desa. Sementara kategori Paralegal Justice Award 2023 merupakan bentuk apresiasi bagi para kepala desa/lurah yang berprestasi dan memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa, dan negara

BACA JUGA :  Sertijab Camat Susukan Banjarnegara, Suroso : Kita Akan Mengembangkan dan Meningkatkan Potensi UMKM yang Ada

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Banjarnegara kami bisa mendapat penghargaan untuk tiga kategori tersebut. Tentunya kami sujud syukur dan mengucapkan terima kasih atas segala dukungannya,” ucap Galih, Sabtu (2/6/2023).

Prestasi yang diperoleh Galih, mendapat apresiasi langsung Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto. Menurutnya keberhasilan Kades Bawang ini dapat menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Banjarnegara.

“Tentunya kami bersyukur akhirnya kades kita mendapat penghargaan ini. Setelah sebelumnya kita bersama-sama memberikan dukungan. Dari sini nyata sudah, bahwa kades juga memahami tentang regulasi yang baik. Sehingga pada kegiatan itu, Kades Bawang Saudara Galih malah mendapat 3 kategori sekaligus, dari ratusan kades se-Indonesia. Pasti ini sebuah kebanggaan,” terang Tri Harso di Pringgitan, sore tadi.

BACA JUGA :  Pemda Pasbar Peringati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional

Tri Harso juga berharap, Kades Bawang bisa menularkan ilmu yang diterima selama mengikuti PJA kepada Kades lainnya, dengan segala pengalaman mereka terkait paralegal dan regulasi tentang desa.

Dengan sistem gethok – tular, ilmu yang dapat terus menyebar ke kades-kades dan perangkat desa lain, sehingga semua dapat memiliki komitmen bersama memajukan desa masing-masing.

“Selamat Mas Galih, perjuangan anda luar biasa. Kami berharap nantinya dengan pemahaman desa yang semakin bagus, akan membuat regulasi desa juga semakin baik. Sehingga semakin banyak regulasi di desa yang tepat untuk mengatur peningkatan potensi, dan masalah kemasyarakatan lainnya,” harap Tri.

Paralegal Justice Award merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum Ham), Mahkamah Agung (MA), serta didukung oleh Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA JUGA :  Peresmian Lapangan Baru Milik Desa di Banjarnegara, Anggota DPRD Jawa Tengah Amin Makhsun Ajak Masyarakat Cintai Seni Budaya Tradisional

Kades Bawang, Galih Purwandaru, menjadi salah satu peserta ajang tersebut. Tercatat dari jumlah peserta sebanyak 765 orang yang mendaftar, sebanyak 565 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak untuk melanjutkan ke tahap seleksi audisi. Dari seleksi audisi yang dinyatakan lulus sebanyak 206 Kepala Desa kepala desa dan 93 lurah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk sistem penilaian meliputi : pre test, post test, interview, dan dokumen-dokumen pendukung yang diupload. Dari 5 kategori yang ada, Kades Bawang Galih Purwandaru berhasil menyabet 3 penghargaan, yang membawa nama harum Banjarnegara dan kebanggaan Jawa Tengah. *** (kominfo_mujiprast/Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.