Berita

Puncak Peringatan HUT RI ke-78 di Desa Kaliwinasuh Banjarnegara, Warga Disuguhi Seni Lengger

×

Puncak Peringatan HUT RI ke-78 di Desa Kaliwinasuh Banjarnegara, Warga Disuguhi Seni Lengger

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Kaliwinaso
Tiga penari dengan pakaian kebaya khas sinden, bercengkrama usai membawakan tari lengger, Minggu (27/8/2023), (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pertunjukan kesenian Lengger, menandakan sebagai malam puncak penutupan berakhirnya Kemeriahan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 di Desa Kaliwinasuh, Kecamatan Purworejo klampok, Kabupaten Banjarnegara. Menampilkan group Cahaya Budaya kegiatan ini digelar di lapangan sepak bola milik desa setempat.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.30 WIB, itu juga sekaligus dibalut dengan pembagian hadiah beberapa lomba yang beberapa waktu dilaksanakan.

Example 300x600

Dengan panggung sederhana, acara yang dihadiri Camat Susanto dan Kapolsek AKP Partono S.H, Kepala Desa Kaliwinasuh, Mardjono mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan Pemdes dan Pemuda tersebut sebagai bentuk untuk ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

BACA JUGA :  Bupati Pultab Bakal Tuntaskan Kantor DPRD dan Kantor Bupati Tahun Ini

“Kegiatan malam ini bisa terlaksana berkat kerjasama antara Pemdes Kaliwinasuh dan para pemudanya. Sengaja kita laksanakan kemeriahan peringatan HUT RI ke-78 diakhir puncak bulan Agustus, karena tidak ingin bertabrakan dengan agenda lain yang kemarin sangat padat, seperti lomba, kegiatan Kecamatan,” ungkap Mardjono, Minggu (27/8/2023) malam, saat ditemui di lokasi.

Kegiatan yang mengambil tema “Bersatu Untuk Kaliwinasuh Maju” tersebut, juga mengenalkan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga Budaya yang harus tetap dilestarikan.

“Sengaja kita menampilkan kesenian lengger, karena selama ini banyak yang tidak tahu, apalagi para pemuda, makanya malam ini selain memeriahkan Kemerdekaan juga mengenalkan kepada masyarakat khususnya para generasi muda Desa Kaliwinasuh agar nantinya bisa ikut menjaga dan melestarikannya, tidak hanya hiburan musik saja yang mereka dengarkan dan lihat,” tambah Mardjono.

BACA JUGA :  24 Siswa SDN 2 Somawangi di Banjarnegara Keracunan Berjamaah, Diduga Usai Jajan Makaroni Basah

Sementara dalam sambutannya, Kapolsek Purworejo Klampok dalam sambutannya sangat mengapresiasi hiburan lengger yang selama ini sudah jarang disaksikan di desa-desa yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

“Malam ini kami sangat mengapresiasi sekali dan menikmati penampilan kesenian lengger ini, apalagi ini adalah salah satu bidaya warisan yang harus terus dilestarikan. Karena selama ini lengger sudah jarang sekali bisa kita lihat, maka dari itu, kami sangat mengapresiasi Pemdes Kaliwinasuh dan pemudanya, dan juga semua bisa menjaga ketertiban dan keamanan,” ungkap Kapolsek Partono.

BACA JUGA :  Selain Penegakan Hukum, Langkah Pencegahan Narkoba di Pamekasan Tidak Lepas dari Peran Keluarga dan Kontribusi Masyarakat

Dalam pengamatan lensanusantara.co.id, terlihat masyarakat rela duduk diatas rumput tanpa alas, dan seolah hawa dingin tidak mereka hiraukan demi menyaksikan kesenian lengger yang memang selama ini sudah jarang tampil, karena kalah dengan kemajuan zaman. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.