Edukasi

Pentingnya Peran Kehumasan, Rutan Kelas IIB Banjarnegara Undang Narasumber dari Media

×

Pentingnya Peran Kehumasan, Rutan Kelas IIB Banjarnegara Undang Narasumber dari Media

Sebarkan artikel ini
Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara
Arief saat memberikan materi pemahaman kepada Humas Rutan IIB Banjarnegara tentang penulisan didalam suatu berita, Selasa 26/9/2023. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Berada diruang rapat Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara, beberapa redaksi melakukan rapat tentang Optimalisasi Kehumasan dengan mengundang narasumber dari Pimpinan Redaksi media online Jendela Indo Arief Ferdianto.

Acara yang dihadiri langsung oleh Kepala Rutan (Karutan) IIB Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma, Tim Humas Rutan Banjarnegara membahas peran humas didalam suatu organisasi dalam menjaga reputasi di mata publik, serta pemahaman bagaimana menulis yang baik dalam pembuatan berita.

Example 300x600

Selain itu, humas juga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni serta memiliki kompetensi teknis yang sesuai dengan tuntutan zaman yang serba modern.

Tercapainya fungsi kehumasan tentu tidak akan bisa berdiri sendiri atau idealis, harus berani bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan menggandeng awak Media. Sehingga kegiatan apapun akan bisa tereskpos ke masyarakat secara langsung.

Didepan para redaksi, Arief Ferdianto selaku narasumber (Narsum) mengungkapkan, pengelola kehumasan harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya, karena mempunyai peran sangat penting, dalam membangun pemahaman masyarakat terhadap apa yang sudah dilaksanakan oleh instansi Pemerintahan.

“Peran humas ini menjadi ujung tombak pelayanan komunikasi kepada masyarakat, bukan masalah memenangkan suatu pertempuran, namun tanpa humas pertempuran tidak akan dimenangkan,” terang Arief.

Masih kata Arief. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, tim humas di Rutan Kelas IIB Banjarnegara dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan informasi di media sosial atau lainya, minimal “One Day One News,” tambahnya.

Sementara dilokasi yang sama, Kepala Rutan IIB Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma menjelaskan, pelatihan penulisan suatu berita memang sangat dibutuhkan oleh Humas.

“Sangat dibutuhkan, karena kita sendiri setiap kegiatan, harus selalu spick up ke publik, apapun kegiatannya, makanya hari ini kita undang nara sumber daei teman wartawan agar bisa memberikan materi tentang tata cara penulisan yang baik,” jelas Bima.

Bahkan sebelumnya, Rutan Banjarnegara telah mengundang Tim Humas dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kumham) Jawa Tengah (Jateng), guna memberikan materi dan penguatan kehumasan pada Rabu (20/9/2023) di Aula Gatot Kaca Rutan Banjarnegara. (Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.