Cenangkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Gandeng Diknas dan TNI-Polri

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png


Taliabu, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Melalui Dinas Kesehatan Gandeng Dinas Pendidikan mencanangkan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di SD Negeri 1 Imperes Bobong, pada Senin (24/012022). Sebelumnya, vaksinasi anak ini juga sudah dilakukan Dinas Kesehatan dan tim vaksinator di Taliabu bagian selatan, yakni Desa Kamaya dan Waikadai Sula, Kecamatan Taliabu Timur Selatan.


Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly menyatakan, pada dasarnya pemberian vaksinasi adalah tanggung jawab pemerintah untuk melaksanakan upaya penanggulangan Covid-19.


“Jika ada masyarakat yang menolak vaksinasi dianggap menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah Covid-19, olehnya itu masyarakat yang menolak vaksinasi dapat dikenakan sanksi pidana,” tutur Kuraisia.

BACA JUGA :  Sasar Pelajar dan Lansia, BINDA Kaltim Lakukan Vaksinasi di Desa Rapak Lambur Kabupaten Kutaikartanegara


Kuraisia menambahkan, dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres 99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, Pasal 13a ayat (2) dikatakan bahwa setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 berdasarkan pendataan Kementerian Kesehatan wajib mengikuti vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA :  Gugus Tugas Bentuk 6 Posko di Tiap Pintu Masuk Bondowoso, Demi Pencegahan Covid-19


“Berdasarkan Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit menular dengan ancaman pidana, berupa pidana penjara selama-lamanya 1 tahun dan denda sebesar Rp 1 juta,” tambahnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Citra Puspa sari Mus bahwa, Kami dari dinas akan monitoring dan mensosialisasikan tentang vaksinasi anak usia 6-11 tahun kepada wali murid dan kepada orang tua wali murid.

BACA JUGA :  Menuju New Normal Tempat Ibadah Dibuka Kembali


“Ya kami dari dinas akan turun di sekolah sekolah untuk monitoring sekaligus mensosialisasikan terkait vaksinasi anak yang sudah berusia 6-11 tahun kepada wali murid maupun orang tua wali murid,”.


Kepala Dinas Kesehatan, berharap agar teman teman media agar memberikan informasi kepada masyarakat terkait vaksinasi lebih detail dan juga memotifasi masyarakat untuk giat vaksinasi demi kesehatan anak dan keluarga kita, tutupnya(Sunardi).

  • Bagikan