Berita

Ratusan Warga Desa Jalatunda di Banjarnegara Rela Antri Demi Dapat Air Bersih dari Relawan Ganjaris

×

Ratusan Warga Desa Jalatunda di Banjarnegara Rela Antri Demi Dapat Air Bersih dari Relawan Ganjaris

Sebarkan artikel ini
Ketua Relawan Ganjaris Banjarnegara
Ketua Ganjaris Banjarnegara H. Saidin saat diwawancarai wartawan lensanusantara.co.id. Minggu (3/9/2023). (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ratusan warga dari empat dusun yang berada di Desa Jalatunda begitu antusias, setelah melihat adanya delapan mobil pick up iring-iringan dengan mengangkut tangki berisi air bersih berkapasitas 1000 liter, dari para relawan Ganjaris Banjarnegara. Minggu (3/9/2023).

Ember, jerigen, hingga tong cat air sudah disiapkan dan langsung ditata secara rapi guna menunggu giliran mendapatkan setetes air bersih. Karena selama empat bulan terakhir, daerahnya mengalami paceklik krisis air untuk kebutuhan memasak hingga mencuci.

Example 300x600

Menurut Kades Jalatunda, Satam, meskipun sudah ada beberapa bantuan air bersih sebelumnya, namun sampai saat ini tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan warga. Apalagi jumlah penduduk mencapai 6 ribu jiwa yang saat ini sangat membutuhkannya.

BACA JUGA :  Vaksinasi Lansia Jelang Nataru, Kapolres Probolinggo: Masyarakat Bisa Lebih Kuat Terhindar dari Bahaya Covid-19

“Kemarin sudah ada bantuan air dari BPBD, Polres, dan anggota Dewan Daerah dari Fraksi PAN, namun tidak mencukupi kebutuhan warga,karena sini ada beberapa dusun, dan paling parah itu terjadi di RW 3, 4 dan 5. Dan semoga dengan adanya bantuan air bersih dari teman-teman Ganjaris, bisa membantu dan saya ucapkan terimakasih karena bantuannya tidak terbatas, jadi bisa meringankan saat habis bisa langsung di droping sekali lagi terimakasih,” ungkap Kades.

Sementara dalam arahannya, anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P Heru Sujatmiko yang juga pernah menjadi wakil Gubernur Jawa Tengah mendampingi Ganjar Pranowo di periode pertama mengatakan, sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua anggota Ganjaris Banjarnegara yang saat ini langsung terjun ke lokasi menyalurkan air bersih ke masyarakat yang butuh bantuan.

BACA JUGA :  Pengelolaan Cagar Budaya Kyai Gumelem Hingga Saat Ini Belum Diambil Alih Pemda Banjarnegara

“Terutama H. Saidin selaku ketua, yang begitu rela mengorbankan semuanya dengan ikhlas, demi mendukung pak Ganjar di Pilpres 2024 mendatang,” jelas Heru.

Sementara dilokasi yang sama, kepada lensanusantara.co.id, Ketua Ganjaris Banjarnegara Saidin mengungkapkan, akan selalu stand by untuk warga yang membutuhkan air bersih, dan setiap dua hari atau seminggu sekali akan droping air bersih ke beberapa daerah yang saat ini krisis.

BACA JUGA :  Patung Naga Dibongkar, Pemda Kukar Rencana Menganti Maskot Penghasil Minyak

“Ganjaris Banjarnegara akan selalu stand by dan siap untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih, kita akan lakukan kontrol daerah mana yang kekurangan, dan jika bisa kita usahakan setiap dua hari atau seminggu sekali akan kita lakukan droping air bersih, yang penting masyarakat tidak kekurangan air untuk kebutuhannya,” pungkas Saidin, yang juga Ketua PAC PDI-P Kecamatan Mandiraja itu.

Selain droping air bersih, Ganjaris Banjarnegara sendiri, rencananya juga akan melakukan kegiatan pasar sembako murah. (Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.