Daerah

Pentingnya Infrastruktur Jalan Desa, Demi Menunjang Perekonomian Warga Banjarnegara

×

Pentingnya Infrastruktur Jalan Desa, Demi Menunjang Perekonomian Warga Banjarnegara

Sebarkan artikel ini
Kades Pakikiran, Meninjau lokasi pembangunan jalan desa, Selasa 20/12/2022. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.IDInfrastruktur terutama jalan saat ini memang sangat dibutuhkan di desa – desa, apalagi yang jauh dari keramaian. Selain bertujuan untuk akses utama menunjang perekonomian khususnya dibidang pengangkutan bahan pangan, adanya fasilitas yang memadai juga bisa mempersingkat waktu masyarakat untuk segala kegiatan, khusunya menuju ke perkotaan.

Desa Pakikiran misalnya, demi membantu memajukan perekonomian masyarakatnya beberapa ruas jalan yang sebelumnya rusak dan juga belum dibangun, pada akhir tahun 2022, ada beberapa titik yang mulai dikerjakan dengan anggaran yang bersumber dari APBD II Banjarnegara Tahun 2022.

Example 300x600

Dengan nilai anggaran Rp 100 juta, jalan sepanjang 240 meter dan lebar 2,5 meter yang sebelumnya sudah rusak parah mulai dibangun kembali.

BACA JUGA :  Ketua TP-PKK Kabupaten Pulau Taliabu Kunjungi Kebun Percontohan

“Sebelumnya sudah ada bekas rabat beton, tapi sudah lama sekali tidak dibangun, makanya itu kita fokuskan titiknya disini dulu agar akses masyarakat menjadi mudah kalau kemana – mana,” ungkap Kades Sarkim, Selasa (20/12/2022).

Sarkim juga menambahkan, Desa Pakikiran, Kecamatan Susukan sendiri saat ini masih ada beberapa titik yang belum dibangun, namun dirinya mengaku optimis, akses jalan yang masih rusak bisa dibangun, dengan cara mencari bantuan lewat aspirasi maupun sumber dana lainnya.

BACA JUGA :  Optimis, Megawati Mampu Bersaing dengan Caleg Lain di Dapil 2 Banjarnegara

“Masih ada beberapa titik yang saat ini belum dibangun, tapi saya optimis semuanya pelan – pelan bisa terbangun, selain dari Dana Desa, saya mencoba mencari sumber dana lainnya seperti aspirasi atau APBD, yang penting kita Pemdes Pakikiran berusaha untuk membangun desa dengan baik,” tambahnya.

BACA JUGA :  Diusir Tanpa Solusi oleh Dishub Banjarnegara, Pedagang Sayur Terlihat Nyaman Menempati Lokasi Baru

Memang selain di Pakikiran, di Kabupaten Banjarnegara sendiri, jika di telusuri sampai ke pelosok – pelosok desa, banyak akses jalan desa yang belum dijamah pembangunan, sehingga sampai saat ini, masih membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, itu adalah salah satu PR pemerintah daerah demi menunjang majunya perekonomian masyarakat serta daerah, terutama wilayah perbukitan. (GN)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.