Pendidikan

Ratusan Siswa Sekolah Dasar di Banjarnegara, Mengikuti Festival LSNN Tahun 2023 Tingkat Kecamatan

×

Ratusan Siswa Sekolah Dasar di Banjarnegara, Mengikuti Festival LSNN Tahun 2023 Tingkat Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Kepala Koordinator Wilayah Susukan
Peserta Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (LSSN) Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2023, mengikuti upacara pembukaan di halaman SDN1 Gumelem Wetan, Selasa (23/5/2023). (Foto : Gunawan /LensaNusantara) .

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ratusan murid dari beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Susukan, hari ini Selasa (23/5/2023) mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (LSSN) Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2023 yang diadakan Kementerian Pendidikan.

Festival yang diadakan di SDN 1 Gumelem Wetan dengan diikuti sebanyak 110 siswa itu, dibagi beberapa kriteria lomba, seperti menyanyi, nyanyi tunggal, pantomim, melukis, cerita bergambar, kriya dan menari.

Example 300x600

Menurut Ketua Panitia acara tersebut, Wasikun yang ditemui di Sekretariatnya menyampaikan, kegiatan festival yang diadakan oleh Kementerian tersebut ternyata tidak semua sekolahan ikut, karena kendala cara pendaftaran yang langsung di akses ke Kementerian. Sehingga hal itulah yang membuat pendaftar tidak seramai seperti tahun – tahun sebelumnya.

BACA JUGA :  Menko PMK Tinjau Sumur Bor di Desa Duren Banjarnegara Usai Urus Jenazah Staf Protokol

“Sekarang kan pendaftaran langsung diakses ke Kementerian, jadi tidak semua sekolahan ikut, hanya yang sudah mendaftar saja. Inilah kelemahan online, tidak bisa keluar semua karena kadang sulit mengaksesnya, beda kalau melalui surat pemberitahuan ke sekolahan – sekolahan, pasti bisa ramai seperti yang sudah – sudah, soalnya kita kan tidak bisa mengetahui data sekolah mana yang sudah masuk, jadi kita tidak bisa koordinasi,” ungkap Wasikun.

Hal senada juga disampaikan Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan Susukan, Teguh Widodo, S.Pd saat ditemui di kantornya. Dirinya mengakui bahwa Festival dan Lomba tahun ini, sangat tidak optimal dan banyak kendala dan hambatan dalam melakukan pendaftaran.

BACA JUGA :  Demi Meningkatkan PADes, Pasar Desa Pakikiran Banjarnegara Direhab Ulang

“Tahun ini memang berbeda, karena proses daftar yang biasanya tidak online, sekarang online, akhirnya teknis berkendala dan terhambat apalagi di Kecamatan Susukan sini, banyak lokasi sekolahan di pegunungan, sinyal sulit, dan tidak semua memiliki fasilitas itu yang membuat peserta berkurang,” jelas Teguh.

Dirinya juga optimis, meskipun adanya kendala, anak – anak yang juara bisa menorehkan prestasi nantinya di tingkat selanjutnya.

“Saat ini kita berharap anak – anak tetap bisa berprestasi, karena dalam festival atau lomba ini kan berjenjang, tingkat Kecamatan, Kabupaten, Jawa Tengah lalu Nasional. Makanya setelah nanti sudah keluar hasil juaranya, nanti kita adakan suatu pembinaan, karena bukan tanggung jawab sekolahnya saja tapi kita semua karena sudah mewakili Kecamatan, maka itu kita bentuk kepanitiaan untuk menuju ke lomba tingkat selanjutnya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Bedah Buku Ki Hajar Dewantara, Ungkap Relevansi dengan Pendidikan di Masa Pandemi

Festival LSSN 2023 adalah salah satu program yang dicanangkan di seluruh daerah di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, dengan tujuan menciptakan bibit – bibit prestasi yang dimulai sejak dini, juga untuk menggali bakat yang dimiliki para siswa. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.